Kamis, 01 Desember 2011

Kerja Keras Untuk Mencapai Tujuan Hidup

13 Desember 2009 oleh Bobich

Sejak ratusan tahun lalu, orang percaya bahwa kesuksesan dapat diraih karena kerja keras. Tapi mengapa sekarang banyak orang yang menganggap kerja keras adalah suatu kata yang buruk dan tidak enak didengar.

Saya mendefinisikan kerja keras sebagai pekerjaan yang terdapat tantangan didalamnya sehingga memberikan motivasi ekstra untuk dapat mencapai tujuan. Untuk dapat mencapai kesuksesan diperlukan kerja keras dalam menyelesaikan suatu pekerjaan sampai selesai dengan baik.

Masalah akan muncul pada saat anda merasa pekerjaan yang memiliki tantangan sebagai sesuatu yang menyiksa atau membuat anda merasa tidak nyaman. Apakah pekerjaan yang menantang akan selalu membawa ketidak nyamanan? Tentu saja tidak! Pada kenyataannya, salah satu kunci sukses adalah belajar untuk menikmati tantangan dari pekerjaan dan bekerja keras dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Mengapa harus pekerjaan yang menantang? Karena pekerjaan yang memiliki tantangan bila diselesaikan dengan pandai akan memberikan hasil yang setimpal pula. Biasanya jenis pekerjaan seperti ini akan dihindari oleh orang pada umumnya. Bila anda menghindari pekerjaan yang menantang berarti anda sudah menghindar dari pekerjaan yang dapat membawa anda menuju kesuksesan.

Untuk menjaga otot agar tetap kuat dan otak tetap tajam, anda harus menantang dengan memberi otot dan otak pancingan. Dengan hanya mengerjakan pekerjaan yang mudah akan membuat fisik dan mental anda kurang berkembang. Cobalah untuk sedikit menantang diri anda sendiri dengan mengambil pekerjaan yang lebih memberikan tantangan.

Menghadapi rintangan akan membangun karakter anda, seperti binaraga yang berlatih mengangkat beban untuk membangun otot. Dengan menghindari rintangan akan menghambat perkembangan karakter diri.

Sangatlah normal bila anda menghindari sesuatu yang tidak menyenangkan apalagi menyiksa, jadi apabila anda melihat tantangan itu sangat menyiksa, anda pasti akan menghindar darinya. Tapi dengan mengerjakannya berarti anda sedang membangun sesuatu yang penting dalam karakter pribadi anda. Jadi anda haruslah belajar untuk mencintai pekerjaan yang memiliki tantangan daripada menakutinya, seperti seorang binaragawan yang memaksakan diri untuk melakukan satu repetisi tambahan untuk membangun ototnya agar menjadi lebih besar dan kuat. Jika anda lari dari rintangan, anda akan kehilangan kesempatan untuk dapat berkembang. Ini semua tepat, baik dalam membangun otot maupun karakter.

Sebuah filosofi menyatakan untuk mengikuti arus, salah satu sisi untuk menjalankan sistem ini adalah anda harus dapat mengontrol hidup anda pada arus tersebut. Dan tidak masalah bila anda bersikap pasif dengan membiarkan hidup mengalir begitu saja pada diri anda. Jika anda merasa bahwa anda akan menerima jalan kehidupan daripada mengemudikan arah kehidupan, maka anda harus menerima kemana saja arus kehidupan membawa dan belajarlah untuk menyukai apa adanya. Tapi kadang kala arus tidak bergerak ke arah yang menguntungkan. Anda dapat mengikuti kemana saja arus membawa anda tanpa berusaha untuk mengendalikan ke arah yang anda inginkan.

Di lain pihak, ada pilihan dalam menjalani kehidupan dimana anda berada dibelakang kemudi yang dapat menentukan kemana arah yang ingin anda tuju. Anda ciptakan dan mengontrol sendiri arah yang anda mau. Ini adalah cara yang lebih menantang dan tentu saja dapat lebih memberi kepuasan. Anda tidak dibatasi pada pengalaman yang akan didapatkan apabila anda hanya bersikap pasif. Anda dapat lebih bebas dan memilih apa yang anda inginkan dengan menerima tantangan yang lebih besar.

Jika anda menetapkan pilihan untuk menempuh jalan hidup yang sederhana saja, mungkin anda tidak akan bisa membaca dan menulis. Semua itu dapat dirasakan ketika anda memutuskan untuk menentang arus yang terlalu ringan tanpa tantangan. Anda tidak akan mendapat ijazah dari berbagai tingkat pendidikan. Anda tidak akan mulai bekerja. Apa yang anda dapatkan dan rasakan sekarang tentunya adalah buah dari keputusan anda dimasa yang lalu, apakah anda menentang tantangan atau hanya mengikuti arus kehidupan.

Percayalah bahwa anda dapat berperan sebagai penentu arah tujuan hidup anda sendiri. Anda dapat hanya berdiam diri mengikuti arus apabila arus tersebut sedang mengalir ke arah yang memang merupakan tujuan anda. Dan anda dapat menjadi nahkoda yang mengemudikan arah arus kehidupan bila arahnya agak melenceng dari tujuan anda.

Ketika anda melangkah maju dan belajar menempatkan diri sebagai pengemudi arah kehidupan daripada hanya sebagai korban dari kemalasan anda sendiri, maka semuanya akan terasa lebih mudah dalam menghadapi tantangan yang besar dan untuk bertahan di dalamnya. Anda belajar untuk merasa lebih menikmati pengembangan karakter yang anda dapatkan. Anda menjadi dapat lebih menerima keadaan yang berada di luar kondisi nyaman. Bekerja keras adalah sesuatu yang anda tempuh karena anda tahu kerja keras akan membawa anda pada kemajuan yang luar biasa. Dan secara bersamaan akan membangun kematangan dan tanggung jawab pada pengertian bahwa beberapa tujuan tidak akan mendatangi anda begitu saja. Mereka hanya akan datang bila anda mau berusaha untuk mendapatkannya.

Bila berhadapan dengan seseorang yang berargumen pada anda, “Bila saya selalu menghindari bekerja keras, saya tidak akan pernah mendapatkan pengalaman yang berarti,” itu merupakan ungkapan yang sederhana untuk menggambarkan keuntungan dari bekerja keras. Apa yang akan anda lewatkan? Mungkin anda tidak akan pernah menikahi pasangan anda, menjadi multi jutawan, membuat suatu perubahan yang berarti bagi dunia. Anda akan tetap menerima apa yang arus kehidupan dapat berikan pada anda, yang mana hasilnya hanyalah biasa – biasa saja.

Jika anda ingin mencapai tujuan yang benar – benar besar dan menarik, anda harus mencoba untuk jatuh cinta pada kerja keras. Kerja keras membuat perbedaan. Itu pula yang membedakan anak kecil dengan orang dewasa. Anda dapat berharap untuk tetap menjadi seorang anak kecil yang mengharapkan kehidupan akan selalu berjalan dengan mudah. Tapi kemudian anda akan terkurung dalam kondisi seperti layaknya anak kecil, bekerja untuk mencapai tujuan orang lain… bukan tujuan sendiri dan menanti kesempatan… bukan menciptakan kesempatan.

Pada saat anda belajar untuk bekerja keras – bukan lari daripadanya, anda bisa mendapatkan kemampuan untuk mengambil keputusan dalam setiap target yang besar, walau apapun yang diperlukan untuk mencapainya. Anda meluncur melewati rintangan – rintangan yang bisa menghentikan orang lain yang tidak bisa mendapatkan solusi.

Apa yang dapat membuat anda sampai pada titik tersebut?

Apa yang dapat membuat anda memulai bekerja keras?

Tujuan Hidup

Bila anda mempunyai tujuan hidup yang kuat, maka bekerja keras bukanlah suatu pilihan. Tapi menjadi suatu keharusan. Jika anda tidak mempunyai tujuan yang jelas, maka anda dapat mencari alasan untuk menghindari kerja keras. Jadi siapa yang akan peduli akan kerja keras anda atau bila anda malas? Bila anda telah menetapkan tujuan hidup yang jelas, akan diperlukan usaha yang keras untuk dapat mencapainya. Setiap tujuan yang memiliki arti menuntut usaha yang keras. Anda harus meyakinkan diri sendiri bahwa untuk dapat mencapai tujuan dibutuhkan usaha yang keras. Hal ini akan membawa anda melewati rasa takut, ego dan kecengengan anak kecil yang berpikir bahwa kerja keras adalah sesuatu hal yang harus dihindari. Sifat kekanak – kanakan akan tergantikan oleh kedewasaan yang mempunyai rasa tanggung jawab bahwa pekerjaan harus diselesaikan. Tapi dengan hanya mengetahui tanggung jawab pada pekerjaan tanpa di dukung dengan komitmen dan usaha yang kuat tidak akan menyelesaikan pekerjaan.

Bila anda masih menghindar dari kerja keras, dapat diartikan kalau anda belum menetapkan tujuan hidup anda. Karena bila anda sudah menetapkan tujuan hidup maka anda akan bekerja dengan keras agar dapat mencapainya.

Jika anda belum tahu tujuan anda, maka anda tidak artinya dalam kumpulan orang dewasa. Anda hanyalah buih yang mengikuti aliran hidup orang – orang yang memiliki tujuan hidup yang jelas. Sebenarnya, didalam hati anda sudah mengetahui akan hal ini bukan? Jika anda ingin membuat sesuatu yang berbeda dan berarti, kerja keras adalah harga mutlak yang sudah tidak bisa ditawar lagi. Tidak ada jalan pintas.

Tujuan dan kerja keras adalah sahabat kental. Tujuan adalah ‘mengapa’. Kerja keras adalah ‘bagaimana’. Tujuan dapat merubah pekerja menjadi mencintai pekerjaan. Tujuan dapat merubah rasa sakit kerja keras menjadi tingkat dedikasi yang tinggi, komitmen, perbaikan dan kesabaran. Tujuan merubah rasa sakit menjadi suatu kekuatan, sampai pada titik anda tidak merasa sakit karena terlalu menikmati kekuatan yang dihasilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar